Kamis, 03 Januari 2013

materi ENERGI

ENERGI
A.Pengertian Energi
Definisi energi adalah daya kerja atau tenaga, energi berasal dari bahasa Yunani yaitu energia yang merupakan kemampuan untuk melakukan usaha. Energi merupakan besaran yang kekal, artinya enegi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, tetapi dapat diubah dari bentuk satu ke bentuk yang lain. Ditinjau dari asalnya energi mempunyai bermacam-macam bentuk seperti berikut :
1.   Energi potensial
Energi potensial adalah energi yang memperngaruhi benda karena posisi (ketinggian) benda tersebut yang mana kecenderungan tersebut menuju tak lain terkait dengan arah dari gaya yang ditimbulkan dari energi potensial tersebut.
Contoh sederhana energi ini adalah jika seseorang membawa suatu batu ke atas bukit dan meletakkannya di sana, batu tersebut akan mendapat energi potensial gravitasi. Jika kita meregangkan suatu pegas, kita dapat mengatakan bahwa pegas tersebut membesar dan memanjang berarti pegas tersebut mendapatkan energi potensial elastik.
Berbagai jenis energi dapat dikelompokkan sebagai energi potensial. Setiap bentuk energi ini dihubungkan dengan suatu jenis gaya tertentu yang bekerja terhadap sifat fisik tertentu suatu materi (seperti massa, muatan, elastisitas, suhu, dll). Energi potensial gravitasi dihubungkan dengan gaya gravitasi yang bekerja terhadap massa benda; energi potensial elastik terhadap gaya elastik yang bekerja terhadap elastisitas objek yang berubah bentuk; energi potensial listrik dengan gaya Coulomb; gaya nuklir kuat atau gaya nuklir lemah yang bekerja terhadap muatan elektrik pada objek; energi potensial kimia, dengan potensial kimia pada suatu konfigurasi atomik atau molekular tertentu yang bekerja terhadap struktur atomik atau molekular zat kimia yang membentuk objek dan juga energi potensial termal dengan gaya elektromagnetik yang berhubungan dengan suhu objek.
2.      Energi kinetik
 Energi kinetis atau energi gerak (juga disebut energi kinetik) adalah energi yang dimiliki oleh sebuah benda karena gerakannya.
Energi kinetis sebuah benda didefinisikan sebagai usaha yang dibutuhkan untuk menggerakkan sebuah benda dengan massa tertentu dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan tertentu.
3.   Energi kalor
Panas, bahang, atau kalor adalah energi yang berpindah akibat perbedaan suhu. Satuan SI untuk panas adalah joule.
Panas bergerak dari daerah bersuhu tinggi ke daerah bersuhu rendah. Setiap benda memiliki energi dalam yang berhubungan dengan gerak acak dari atom-atom atau molekul penyusunnya.
4.   Energi listrik
Energi listrik adalah energi akhir yang dibutuhkan bagi peralatan listrik untuk menggerakkan motor, lampu penerangan, memanaskan, mendinginkan ataupun untuk menggerakkan kembali suatu peralatan mekanik untuk menghasilkan bentuk energi yang lain. Energi yang dihasilkan dapat berasal dari berbagai sumber, seperti air, minyak, batu bara, angin, panas bumi, nuklir, matahari, dan lainnya. Energi ini besarnya dari beberapa volt sampai ribuan hingga jutaan volt.
5.   Energi bunyi
Bunyi adalah bahan terpenting dalam musik. Bunyi berasal dari Sumber bunyi, yang digetarkan oleh tenaga atau energi. Kemudian getaran tersebut oleh pengantar diantarkan atau dipancarkan keluar. Dan bila getaran ini sampai di telinga kita, barulah kita dapat mendengarkannya.
6.   Energi nuklir
reaksi nuklir adalah sebuah proses di mana dua nuklei atau partikel nuklir bertubrukan, untuk memproduksi hasil yang berbeda dari produk awal. Pada prinsipnya sebuah reaksi dapat melibatkan lebih dari dua partikel yang bertubrukan, tetapi kejadian tersebut sangat jarang. Bila partikel-partikel tersebut bertabrakan dan berpisah tanpa berubah (kecuali mungkin dalam level energi), proses ini disebut tabrakan dan bukan sebuah reaksi.
Dikenal dua reaksi nuklir, yaitu reaksi fusi nuklir dan reaksi fisi nuklir. Reaksi fusi nuklir adalah reaksi peleburan dua atau lebih inti atom menjadi atom baru dan menghasilkan energi, juga dikenal sebagai reaksi yang bersih. Reaksi fisi nuklir adalah reaksi pembelahan inti atom akibat tubrukan inti atom lainnya, dan menghasilkan energi dan atom baru yang bermassa lebih kecil, serta radiasi elektromagnetik. Reaksi fusi juga menghasilkan radiasi sinar alfa, beta dan gamma yang sagat berbahaya bagi manusia.
7.   Energi radiasi
radiasi mendeskripsikan setiap proses di mana energi bergerak melalui media atau melalui ruang, dan akhirnya diserap oleh benda lain. Orang awam sering menghubungkan kata radiasi ionisasi (misalnya, sebagaimana terjadi pada senjata nuklir, reaktor nuklir, dan zat radioaktif), tetapi juga dapat merujuk kepada radiasi elektromagnetik (yaitu, gelombang radio, cahaya inframerah, cahaya tampak, sinarultra violet, dan X-ray), radiasi akustik, atau untuk proses lain yang lebih jelas. Apa yang membuat radiasi adalah bahwa energi memancarkan (yaitu, bergerak ke luar dalam garis lurus ke segala arah) dari suatu sumber. geometri ini secara alami mengarah pada sistem pengukuran dan unit fisik yang sama berlaku untuk semua jenis radiasi. Beberapa radiasi dapat berbahaya.









B.Sumber Energi dan Penggunaannya

Kita membutuhkan energi untuk melakukan kegiatan sehari-sehari. Saat kita belajar, berlari, dan bermain kita mengeluarkan energi.
makanan
Badan kita lemas jika energi berkurang. Bagaimana kita dapat memperoleh energi? Energi kita peroleh dari makanan. Jika tidak makan, tubuh terasa lemas. Oleh karena kekurangan energi. Makanan merupakan sumber energi. Makanan dicerna oleh tubuh kita. Hasilnya adalah energi. Dengan demikian, kita memiliki kekuatan bergerak. Energi kita gunakan untuk melakukan kegiatan. Sumber energi adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan energi.
Matahari adalah sumber energi cahaya dan panas. Matahari merupakan sumber energi terbesar di bumi ini. Energi panas matahari digunakan manusia untuk mengeringkan pakaian. Berbagai macam bahan makanan juga dikeringkan supaya awet. Misalnya, ikan asin dan kerupuk. Energi panas juga dapat digunakan untuk menghasilkan listrik. Misalnya, kalkulator dan mobil yang digerakkan oleh listrik. Energi ini diperoleh dari cahaya matahari.
Energi cahaya matahari digunakan untuk menerangi Bumi. Energi cahaya matahari dibutuhkan tumbuhan untuk memproduksi makanan. Tanaman hijau mempunyai zat hijau daun untuk membuat makanan. Proses tersebut dibantu cahaya matahari. Energi gerak dapat diperoleh dari angin. Hal ini dimanfaatkan oleh nelayan untuk menggerakkan perahu layar. Layang-layang dapat melayang karena energi gerak dari angin.Energi gerak dari angin dapat menggerakkan kincir angin. Kincir angin dapat menghasilkan listrik. Energi gerak dari angin juga digunakan untuk mengeringkan pakaian.
Air merupakan sumber energi. Gerakan air terjun dapat menghasilkan energi gerak. Energi yang dihasilkan air digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Pembangkit listrik adalah sumber energi listrik. Energi digunakan untuk menjalankan alat-alat listrik.
Berbagai macam bahan bakar merupakan sumber energi. Minyak tanah digunakan untuk menyalakan kompor. Api yang membakar sumbunya akan menghasilkan energi panas. Energi panas dimanfaatkan untuk memasak. Dapatkah kamu menyebutkan manfaat lain minyak tanah? Kayu bakar juga dapat digunakan untuk memasak. Panas dari kayu yang dibakar akan mematangkan makanan. Dari manakah kayu bakar itu berasal?
A.1 Macam-Macam Sumber Energi

Sumber energi adalah benda yang dapat memberikan energi pada benda lain untuk melakukan suatu kegiatan. Contoh sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita, antara lain, makanan, minyak bumi, gas alam, baterai, listrik, matahari, air, dan angin.
1. Makanan
Makanan yang kita makan sehari-hari berasal dari tumbuhan dan hewan. Tumbuhan memperoleh energi dari matahari. Hewan memeroleh energi dari tumbuhan dan hewan lain yang dimakan. Sebagai sumber energi, makanan berfungsi antara lain untuk:
a. menggerakkan organ-organ tubuh,
b. memenuhi keperluan hidup, dan
c. mempertahankan kelangsungan hidup.
2. Minyak Bumi dan Gas Alam
Saat ini, sebagian besar bahan bakar untuk kendaraan dan berbagai mesin berasal dari minyak bumi. Saat melakukan pengeboran minyak bumi, adakalanya mengenai lapisan gas yang disebut gas bumi atau gas alam. Gas alam digunakan untuk
menggerakkan mesin uap di pabrik-pabrik dan sebagai bahan bakar kompor gas. Apa di rumahmu terdapat kompor gas?
3. Baterai
Di dalam baterai terdapat zat kimia yang dapat menghasilkan energi kimia. Saat baterai digunakan, energi kimia tersebut berubah menjadi energi listrik. Ukuran baterai bermacam-macam, ada yang besar, ada pula yang kecil. Baterai merupakan sumber energi yang sangat praktis dan mudah dibawa kemana- mana. Namun, energi listrik yang dihasilkan
baterai tidak begitu besar.
4.Energi Listrik
Energi listrik digunakan secara luas dalam kehidupan sehari-hari. Mulai untuk menyalakan lampu penerangan sampai untuk menghidupkan alat-alat listrik lainnya. Misalnya, kipas angin, radio, televisi, lemari es, setrika, tape recorder (baca: tip rekorder), komputer, kompor listrik, dan penanak nasi atau rice cooker (baca: rais kuker).
5. Matahari
Matahari merupakan sumber energi terbesar bagi kehidupan di bumi. Matahari memancarkan cahaya dan panas. Apa yang terjadi ketika matahari muncul pada pagi hari? Hari menjadi terang, bukan? Dan apa yang kamu rasakan ketika berada
di bawah sinar matahari? Kamu merasa kepanasan, bukan?
Kita sangat bergantung pada energi matahari. Dalam kehidupan sehari-hari, kegunaan energi matahari, antara lain, untuk:
a. menghangatkan tubuh;
b. mengeringkan pakaian;
c. mengeringkan bahan makanan, seperti ikan, kerupuk, kopi yang baru dipetik, padi yang baru dipanen;
d. membuat garam;
e. bahkan kini energi matahari juga digunakan untuk membangkitkan energi listrik.
Coba kamu sebutkan kegunaan energi matahari yang lain!
6. Air
Air biasanya mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Aliran air dapat menghasilkan energi. Contohnya, air terjun. Jadi, air terjun juga merupakan sumber energi. Umumnya, air terjun mempunyai aliran air dalam jumlah besar sehingga dapat menghasilkan energi yang besar pula. Energi yang berasal dari aliran air terjun dapat digunakan untuk memutar turbin pada pusat pembangkit energi listrik. Putaran yang dihasilkan turbin dapat menggerakkan generator listrik sehingga energi listrik dapat dihasilkan. Pembangkit listrik tenaga air dikenal dengan singkatan PLTA.
7. Angin
Angin adalah udara yang bergerak. Angin menyimpan energi. Jadi, angin juga termasuk sumber energi. Manusia telah memanfaatkan energi angin sejak dahulu. Misalnya, untuk menggerakkan perahu layar, layang-layang, dan kincir angin. Saat ini, angin juga dimanfaatkan untuk membangkitkan energi listrik, tetapi masih terbatas pada negara-negara
tertentu. Dapatkah kamu menunjukkan contoh-contoh negara yang telah memanfaatkan energi angin untuk membangkitkan energi listrik?
A.2 Tujuan Penggunaan Sumber Energi
Manusia dan makhluk hidup lainnya tidak dapat lepas dari kebutuhan akan energi. Semua aktivitas yang dilakukan selalu membutuhkan energi. Energi yang dibutuhkan berasal dari sumber energi. Tanpa adanya energi, makhluk hidup akan mati.Tujuan penggunaan sumber energi, antara lain, sebagai berikut;
1. Menghasilkan Penerangan
Untuk menerangi rumah dan lingkungan sekitar di waktu malam, masyarakat di daerah yang belum terjangkau jaringan listrik umumnya menggunakan lampu minyak. Sedangkan, untuk daerah yang sudah terjangkau jaringan listrik, masyarakatnya menggunakan lampu listrik untuk menerangi rumah dan lingkungan sekitarnya.
2. Menghasilkan Panas atau Dingin
Pernahkah kamu memperhatikan saat ibu, kakak, atau ayahmu sedang memasak di dapur? Mereka setiap hari memasak menggunakan energi panas yang berasal dari api kompor. Kamu saat mengeringkan pakaian juga menggunakan energi panas. Energi panas dapat berasal dari matahari, api, atau listrik.
Pada daerah dingin, orang membuat pakaian dari bahan yang tebal dan menciptakan pemanas ruangan agar tidak kedinginan. Sebaliknya, orangorang yang tinggal di daerah panas memerlukan pendingin ruangan. Contoh alat yang digunakan untuk mendinginkan bahan makanan dan minuman adalah lemari es (kulkas). Adakah lemari es di rumahmu? Untuk apa sajakah fungsi alat tersebut?
3. Menggerakkan Suatu Benda
Energi apa yang digunakan mobil? Mobil dan kendaraan bermotor menggunakan energi gerak. Energi gerak tersebut, umumnya diperoleh dari bahan bakar bensin atau solar sehingga kendaraan dapat berjalan. Nelayan yang mempunyai perahu layar, memanfaatkan energi gerak yang berasal dari angin saat akan melaut. Energi gerak tersebut digunakan untuk menggerakkan perahu layarnya. Dapatkah kamu menunjukkan contoh penggunaan energi gerak yang lain?
C. Penghematan Energi
            Di alam ini tersedia banyak sumber energi. Berbagai macam sumber energi itu dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu sumber energi yang dapat diperbarui dan sumber energi yang tidak dapatdiperbarui. Contoh sumber energi yang dapat diperbarui, antara lain baterai, makanan, air, angin, dan matahari. Contoh sumber energi yang tidak dapat diperbarui, antara lain, minyak bumi, gas alam, batu bara, dan barang-barang tambang lain.
Sumber energi yang tidak dapat diperbarui adalah sumber energi yang apabila sudah habis terpakai, tidak dapat dibentuk lagi dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, manusia selalu berusaha dengan segala kepandaiannya untuk dapat menemukan sumber energi baru. Agar sumber energi yang telah disediakan oleh alam ini tidak cepat habis, maka perlu digalakkan tindakan penghematan energi sedini mungkin. Usaha untuk menghemat energi yang dapat kita terapkan
dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:
1. menggunakan alat-alat listrik yang hemat energi,
2. mematikan alat-alat listrik bila tidak digunakan,
3. kamar kosong tidak perlu diberi penerangan,
4. menggunakan kendaraan yang hemat bahan bakar,
5. mematikan keran air apabila selesai digunakan,
6. menggunakan air secukupnya saat mencuci pakaian,
7. menggunakan kompor yang hemat energi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar